AMERIKA PUNYA BANK SYARIAH

Lembaga keuangan berskala besar telah terpukul oleh adanya krisis keuangan global. Nilai-nilai syariah khususnya pada lembaga keuangan pun mulai diminati oleh warga non Muslim. Penerapan prinsip syariah yang tak mengenakan bunga pada pembiayaannya pun ditiru oleh sebuah bank kecil di Michigan, AS bernama University Islamic Financial.

Secara khusus bank tersebut memberikan pembiayaan sesuai dengan nilai syariah. Hal tersebut berarti tak menarik bunga dan tak ada transaksi yang memiliki risiko tinggi. Bank tersebut juga memiliki peraturan mengenai sejumlah hal seperti kredit perumahan dan credit default swap yang membuat keuangan Barat mengalami krisis.

”Jika anda menggunakan pembiayaan sesuai prinsip Islam maka anda tak akan terkena krisis,” kata Direktur University Islamic Financial Corp, John Sickler, sebagaimana dilansir dari startribune.com. Bank syariah memperoleh pendapatan dari upah yang diperoleh melalui pinjaman yang diberikan. Beberapa di bayar di awal dan sisanya di akhir.

University Islamic Financial memiliki dua tipe pembiayaan, yaitu penjualan dengan cicilan dan sewa. Upah yang didapat dari pembiayaan tersebut sebanding dengan pembayaran bunga pada pinjaman tradisional.

Misalnya seorang penjual membeli rumah seharga 100 ribu dolar AS dan kembali menjualnya seharga 120 ribu dolar AS atau bahkan 300 ribu. Jika terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, maka rumah tersebut dapat dijual secara cicilan sesuai negosiasi antara mereka. Hukum Islam menyatakan bahwa uang tak dapat tumbuh dengan sendirinya melalui bunga yang berlipat ganda. Transaksi dagang dapat diterima selama harga yang ditawarkan sesuai dengan komoditi yang diperdagangkan.

University Islamic Financial merupakan perwakilan dari University Bank di Michigan. Saat ini pimpinan University Islamic Financial pun telah bertemu dengan eksekutif dari dua bank nasional yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis syariah. Tujuan dari University islamic Financial adalah menjadi lembaga keuangan pilihan bagi komunitas muslim di AS. Saat ini University Islamic Financial juga melayani pembiayaan rumah di Illinois, Indiana,Maryland, New Jersey, Ohio, Texas. Virginia, New York, Calfornia, Pennsylvania, dan Connecticut.

Saat krisis mengguncang perekonomian AS sejumlah pakar di departemen keuangan negara adidaya tersebut juga mempelajari berbagai fitur penting perbankan syariah. Saat itu pemerintah AS memandang perlu untuk membahas efektivitas sistem perbankan syariah dalam kondisi krisis keuangan global.

Prinsip-prinsip syariah yang diterapkan dalam operasi bank syariah membuat sistem ini tak terkena dampak besar dari krisis ekonomi yang terjadi.

Explore posts in the same categories: ARTIKEL PERBANKAN SYARI'AH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: